Monday, July 9, 2018

Diskusi Mata Kuliah Pendidikan Pancasila

Diskusi Mata Kuliah Pendidikan Pancasila
  1. Karena Kondisi demografis antar provinsi berbeda satu dengan lainnya, ada yang disominasi oleh sektor pertanian, ada yang didominiasi oleh sektor pariwisata, dan lain sebagainya. Perbedaan kondisi demografis ini biasanya menyebabkan pembangunan ekonomi tiap daerah berbeda-beda. Selain itu, Kurang lancarnya perdagangan antar daerah juga menyebabkan ketimpangan ekonomi regional di Indonesia. Pada umumnya ketidaklancaran tersebut disebabkan karena keterbatasan transportasi dan komunikasi. Perdagangan antarprovinsi meliputi barang jadi, barang modal, input perantara, dan bahan baku untuk keperluan produksi dan jasa. Ketidaklancaran perdagangan ini mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan lewat sisi permintaan (Demand) dan sisi penawaran (Supply). Dari sisi permintaan,  kelangkaan akan barang dan jasa akan berdampak juga pada permintaan pasar terhadap kegiatan ekonomi lokal yang sifatnya komplementer dengan barang tersebut. Sedangkan dari sisi penawaran, sulitnya memperoleh barang modal seperti mesin, dapat menyebabkan kegiatan ekonomi di suatu provinsi menjadi   lumpuh, selanjutnya dapat menyebabkan tingkat pertumbuhan ekonomi yang rendah.
  2. Pemerintah harus terus mendorong para investor asing, karena investasi memang sangat penting sebagai motor utama perkembangan dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Walaupun pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan pengeluaran pemerintah juga penting, tetapi tanpa investasi pertumbuhan ekonomi jangka panjang tidak bisa tercapai. Namun demikian, harus diakui bahwa PMA, khususnya dari negara-negara maju, tetap lebih penting daripada PMDN, terutama untuk negara berkembang seperti Indonesia karena tiga alasan utama. : Pertama, PMA membawa teknologi baru dan pengetahuan lainnya yang berguna bagi pembangunan di dalam negeri. Kedua, pada umumnya PMA mempunyai jaringan kuat dengan lembaga-lembaga keuangan global, sehingga tidak tergantung pada dana dari perbankan di Indonesia. Ketiga, bagi perusahaan-perusahaan aisng di Indonesia yang berorientasi ekspor, biasanya mereka sudah memiliki jaringan pasar global yang kuat, sehingga tidak ada kesulitan dalam ekspor.
  3. Pemerintah daerah bisa meminta anggaran dana dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PU, dan pemerintah daerah juga perlu menggandeng swasta untuk mempercepat pembangunan. Swasta bisa berperan membangun infrastruktur, jalan, rumah susun, membeli bus, fasilitas taman, dan lainnya. Maka, perlu adanya program tanggungjawab sosial (corporate social responsibility/CSR), contohnya pembinaan pedagang kecil yang bekerjasama dengan program pemberdayaan dari perusahaan.

Diskusi Mata Kuliah Pendidikan Pancasila
Keyword : download materi kuliah teknik informatika pdf, materi kuliah teknik informatika semester 1, materi kuliah manajemen, materi kuliah kalkulus semester 1 teknik informatika, materi kuliah akuntansi, materi kuliah teknik informatika semester 1 pdf, materi teknik informatika s1, materi kuliah sistem informasi