Sunday, August 20, 2017

Makalah Pendapatan Nasional | Download

Tags

Makalah Pendapatan Nasional

Makalah Pendapatan Nasional | Download


Download Filenya

Ingat, Makalah yang kami share hanya sebagai bentuk referensi saja. Silahkan cari referensi dari sumber lainnya.
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Produksi Nasional atau Pendapatan Nasional adalah nilai yang menggambarkan dari kegiatan (aktivitas) ekonomi secara nasional pada periode tertentu.
Pendapatan nasional adalah merupakan jumlah seluruh pendapatan yang diterima oleh masyarakat dalam suatu negara selama satu tahun. Salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu negara dalam suatu periode tertentu adalah data Produk Domestik Bruto (PDB), baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan. PDB pada dasarnya merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi. PDB atas dasar harga berlaku menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada setiap tahun, sedangkan PDB atas dasar harga konstan menunjukkan nilai tambah barang dan jasa tersebut yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada satu tahun tertentu sebagai dasar.
Ukuran terluas dan pembangunan ekonomi adalah Produksi Nasional Bruto ( GNP ) , yang merupakan nilai semua barang dan jasa yang dihasilkan oleh kegiatan domestik dan aktifitas internasional suatu negara selama periode satu tahun.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa Yang dimaksud Produksi Nasional
2.      Apa Yang dimaksud Pendapatan Nasional
C.     Tujuan
1.      Untuk Mengetahui tentang Produksi Nasional
2.      Untuk Mengetahui tentang Pendapatan Nasional
BAB II
PEBAHASAN

A.    Produksi Nasional
Jika dilihat secara perputaran ekonomi, Produksi nasional :
-          Secara tertutup dan sederhana :
Pelaku ekonomi, sektor rumah tangga dan perusahaan
-          Secara terbuka :
Pelaku ekonomi terdiri dari sektor rumah tangga, perusahaan, pemerintahaan dan luar negeri

Produksi Nasional dapat diperoleh dengan menjumlahkan nilai pasar dari seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai sektor di dalam perekonomian dalam periode tertentu. Dengan demikian, menurut metode PNB (Produksi Nasional Bruto) atau GDP ini, jumlah dari harga setiap masing-masing barang dan jasa dikalikan dengan jumlah atau kuantitas barang dan jasa tersebut yang dihasilkan dapat dihitung menggunakan harga yang berlaku pada satu tahun tertentu sebagai suatu dasar. Adapun Produk Nasional bruto , yang merupakan nilai semua barang dan jasa yang dihasilkan oleh kegiatan domestik dan aktifitas internasional suatu negara yang pada masa itu dikakatakan terluas akan suatu pembangunan Ekonomi.

1.    Faktor yang mempengaruhi produksi nasional :
a.    Permintaan dan penawaran agregat
Permintaan agregat menunjukkan hubungan antara keseluruhan permintaan terhadap barang-barang dan jasa sesuai dengan tingkat harga. Permintaan agregat adalah suatu daftar dari keseluruhan barang dan jasa yang akan dibeli oleh sektor-sektor ekonomi pada berbagai tingkat harga, sedangkan penawaran agregat menunjukkan hubungan antara keseluruhan penawaran barang-barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan dengan tingkat harga tertentu.
Konsumsi merupakan salah satu faktor yang memengaruhi pendapatan nasional. Jika terjadi perubahan permintaan atau penawaran agregat, maka perubahan tersebut akan menimbulkan perubahan-perubahan pada tingkat harga, tingkat pengangguran dan tingkat kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Adanya kenaikan pada permintaan agregat cenderung mengakibatkan kenaikan tingkat harga dan output nasional (pendapatan nasional), yang selanjutnya akan mengurangi tingkat pengangguran. Penurunan pada tingkat penawaran agregat cenderung menaikkan harga, tetapi akan menurunkan output nasional (pendapatan nasional) dan menambah pengangguran.


b.    Konsumsi dan tabungan
Konsumsi adalah pengeluaran total untuk memperoleh barang-barang dan jasa dalam suatu perekonomian dalam jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun), sedangkan tabungan (saving) adalah bagian dari pendapatan yang tidak dikeluarkan untuk konsumsi. Antara konsumsi, pendapatan, dan tabungan sangat erat hubungannya. Hal ini dapat kita lihat dari pendapat Keynes yang dikenal dengan psychological consumption yang membahas tingkah laku masyarakat dalam konsumsi jika dihubungkan dengan pendapatan.
c.   Investasi
                  Pengeluaran untuk investasi merupakan salah satu komponen penting dalam kpengeluaran agregat. Transaksi belum ditemukan berbagai alasan, transaksi bangsa tidak bisa dihitung baik GDP atau GNP. Beberapa kegiatan yang tidak termasuk adalah :
1)    Pekerjaan sukarela
2)    Pekerjaan rumah tangga yang belum dibayar
3)    Kegiatan ilegal seperti perjudian dan pasar gelap (bawah tanah) transaksi
4)    Transaksi yang tidak dilaporkan dilakukan secara tunai

Uang tunai, yang tidak dilaporkan ekonomi sangat besar dan makmur bahwa
statistik oficial seperti GNP per kapita yang hampir tidak berarti.
Didalam ketiga faktor tersebut bahwasannya kita bisa mengetahui suatu daftar dari keseluruhan barang dan jasa yang akan dibeli oleh sektor-sektor ekonomi pada berbagai tingkat harga, sedangkan penawaran agregat menunjukkan hubungan antara keseluruhan penawaran barang-barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan dengan tingkat harga tertentu.

2.      Manfaat produksi nasional
a.       Mengetahui dan menganalisa struktur ekonomi suatu negara dari perhitungan pendapatan nasional, yang dapat diketahui apakah suatu negara cenderung berstruktur ekonomi Industri, agraris, atau jasa
b.      Membandingkan keadaan ekonomi dari waktu ke waktu karena pendapatan nasional dicatat setiap tahun
c.       Membandingkan perekonomian antar daerah, baik antar kabupaten maupun antar provinsi
d.      Menjadi dasar kompratif ( Perbandingan ) dengan perekonomian negara lain
e.       Membantu merumuskna kebijakan pemerintah, khususnya dibindang ekonomi

B.     PendapatanNasional
Pendapatan nasional merupakan seluruh pendapatan yang diterima oleh seluruh anggota masyarakat atau seluruh rumah tangga keluarga (RTK) dalam suatu negara dalam kurun waktu tertentu, biasanya dalam waktu satu tahun.
Pendapatan nasional dapat juga diartikan sebagai produksi nasional, yang berarti nilai hasil produksi yang dihasilkan oleh seluruh anggota masyarakat suatu negara dalam waktu tertentu, biasanya satu tahun.

1.      Konsep Pendapatan Nasional

1. Produk Domestik Bruto (GDP)
Produk domestik bruto (Gross Domestic Product) merupakan jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di dalam batas wilayah suatu negara atau domestik selama satu tahun.
GDP = Pendapatan Masyarakat DN (dalam negeri) + Pendapatan Asing DN
Dalam perhitungan GDP ini, termasuk juga barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan maupun instansi asing yang terkait, asalkan wilayah nya masih dalam wilayah suatu negara atau domestik tersebut. Contohnya seperti perusahaan X dari Jepang, yang mempunyai cabang di Indonesia, hasil berupa barang dan jasa tersebut termasuk kedalam GDP. Barang yang dihasilkan termasuk modal yang belum diperhitungkan, makanya bersifat bruto atau/kotor.

2. Produk Nasional Bruto (GNP)
Produk Nasional Bruto (Gross National Product) merupakan nilai produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara (nasional) selama satu tahun, termasuk yang dihasilkan oleh warga negara tersebut yang dihasilkan diluar negeri. Contohnya seperti seseorang pria dari Indonesia yang menjual pakaian di Malaisya, hasil berupa barang dan jasanya termasuk dalam GNP.
GNP = Pendapatan WNI DN + Pendapatan WNI LN (luar negeri) – Pendapatan Asing DN




3. Produk Nasional Netto (NNP)
NNP = GNP – depresiasi (penyusutan barang modal)
Penyusutan adalah penggantian barang modal bagi peralatan produksi yang dipakai dalam proses produksi umumnya bersifat taksiran, sehingga dapat menimbulkan kekeliruan meskipun relatif kecil.

4. Pendapatan Nasional Neto (NNI)
Pendapatan Nasional Neto (Net National Income) merupakan pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa yang diterima oleh masyarakat sebagai pemilik faktor produksi.
NNI = NNP – Pajak Tidak Langsung
Pajak tidak langsung adalah pajak yang bebannya dapat dialihkan kepada pihak lain seperti pajak hadiah, pajak penjualan, dll.

5. Pendapatan Perseorangan (PI)
Pendapatan perseorangan (Personal Income) adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh setiap orang dalam masyarakat , temasuk pendapatan yang diperoleh tanpa melakukan kegiatan apapun. Misalnya gaji seorang pegawai negeri, maupun pendapatan pengusaha yang didapatkan secara berantai.
PI = NNI – Pajak Perusahaan – Iuran – Laba Ditahan + Transfer Payment
Transfer Payment adalah penerimaan-penerimaan yang bukan merupakan balas jasa produksi, melainkan diambil sebagian dari pendapatan nasional tahun lalu. Seperti pembayaran dana pensiunan, tunjangan pengangguran, dan sebagainya.



6. Pendapatan yang siap dibelanjakan
Disebut juga dengan Disposible Income yaitu pendapatan yang siap untuk dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi dan selebihnya menjadi tabungan yang disalurkan menjadi investasi.
DI = PI – Pajak Langsung
Pajak langsung adalah pajak yang bebannya tidak dapat dialihkan kepada pihak lain, seperti pajak pendapatan.

2.      Manfaat Pendapatan Nasional

1. Menilai perkembangan ekonomi suatu negara dari waktu ke waktu
Dari sini kita dapat membandingkan peranan suatu pemimpin atau penggerak ekonomi bangsa, juga untuk mengetahui kelemahan atau kesalahan yang pernah terjadi dari segi ekonomi untuk dikoreksi di masa selanjutnya.

2. Menilai prestasi ekonomi suatu bangsa
Pendapatan nasional menjadi tolak ukur kesuksesan dan kemakmuran suatu bangsa. Yang menjadi penghargaan ketika pendapatan nasional suatu negara itu tinggi.

3. Membandingkan perekonomian dengan negara lain
Di samping mencari celah untuk meningkatkan perekonomian negara sendiri, membandingkan perekonomian dengan negara lain juga merupakan suatu kebanggaan tersendiri ketika perekonomian di negara sendiri mempunyai peringkat yang lebih tinggi.


4. Menerangkan struktur perekonomian negara
Jenis-jenis pendapatan nasional dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui dimana kelemahan perekonomian yang perlu di evaluasi. Hal ini juga dapat menyatakan persentase pendapatan nasional berdasarkan jenis pendapatan (income) maupun produksi (product)

5. Mengetahui pertumbuhan ekonomi dan pendapatan perkapita
Pentingnya melakukan evaluasi terhadap perekonomian negara agar perekonomian mengalami peningkatan setiap tahunnya.

6. Dapat membantu merumuskan kebijakan pemerintah
Pentingnya elemen-elemen yang melakukan pergerakan dari bawah, untuk menyadarkan pemerintah seberapa pentingnya perekonomian suatu negara. Masyarakat dapat beropini, memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas perekonomian.

3.      Perhitungan Pendapatan Nasional

1. Metode Produksi
Pedapatan nasional merupakan penjumlahan dari seluruh nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh sektor ekonomi baik masyarakat didalam negeri maupun dari luar negeri dalam periode tertentu.

Y = [(Q1 x P1) + (Q2 x P2) + (Qn x Pn) ...]



2. Metode Pendapatan
Pendapatan nasional merupakan hasil dari seluruh penerimaan yang diterima oleh pemilik faktor produksi dalam suatu negara selama satu periode.
Rumus yang dapat dipakai adalah:

Y = r + w + i + p
(rent, wage, interest, profit)

3. Metode Pengeluaran
Pendapatan nasional merupakan penjumlahan dari seluruh pengeluaran yang dilakukan oleh seluruh rumah tangga ekonomi suatu Negara selama satu tahun.
Y = C + I + G (X - M)

Beberapa kesulitan yang sering dihadapi pada waktu akan melakukan perhitungan dan penjumlahan pendapatan nasional adalah:

1. Kurang lengkapnya statistik dari berbagai sektor kegiatan ekonomi.
2. Suatu kesalahan yang mudah terjadi pada saat melakukan perhitungan adalah timbulnya perhitungan dobel (double accounting).
Agar tidak terjadi perhitungan double, maka didalam menghitung besarnya GNP, perhitungan nilai barang didasarkan pada:
1. Final Product atau hasil akhir, yaitu jumlah barang yang diproduksi dalam bentuk barang jadi dalam waktu satu periode.
2. Value added, yaitu nilai yang ditambahkan.
                                          




Dalam menghitung pendapatan nasional dapat digunakan tiga metode pendekatan yaitu:

1. Metode Produksi (Production Approach)
Pendapatan nasional diperoleh dengan cara menghitung semua nilai produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh semua sektor kegiatan ekonomi. Atau dapat juga dengan cara menjumlahkan secara total seluruh nilai tambah (Value added) dari semua sektor kegiatan ekonomi.

2. Metode Pendapatan (Income Approach)
Pendapatan nasional diperoleh dengan cara menjumlahkan pendapatan seluruh warga masyarakat yang berasal dari faktor-faktor produksi yang digunakan dalam proses produksi, yaitu sewa, upah, bunga dan profit.
Metode pendapatan digunakan untuk menghitung balas jasa yang diterima oleh masyarakat selama satu tahun. Hasil penghitungannya disebut Pendapatan Nasional (Yearly Income, dilambangkan dengan Y). Pendapatan Nasional adalah total nilai balas jasa yang diterima oleh masyarakat suatu negara dalam satu tahun.

Pendapatan masyarakat terdiri dari:
1. Tenaga kerja memperoleh balas jasa berupa upah/gaji (w = wage)
2. Modal memperoleh balas jasa berupa bunga (i = interest)
3. Tanah dan SDA memperoleh balas jasa berupa sewa (r = rent)
4. Pengusaha memperoleh balas jasa berupa laba (p = profit)
5. Penghasilan campuran (mixed income) yang merupakan gabungan dari upah/gaji, bunga, sewa, dan laba.
yang persamaan secara matematis adalah sebagai berikut

Hasil perhitungan dengan menggunakan metode atau pendekatan pendapatan sering disebut dinamakan pendapatan nasional atau PN (national income),
Rumus PN :
Pendapatan Nasional =
Pendapatan Nasional Neto - Pajak Tidak Langsung + Subsidi



3. Metode Pengeluaran (Expenditure Approach)
Pendapatan nasional diperoleh dengan cara menjumlahkan pengeluaran yang dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, yaitu konsumsi rumah tangga, investation domestic bruto, pengeluaran pemerintah, dan ekspor bersih.
Metode pengeluaran atau pembelanjaan digunakan untuk menghitung pengeluaran atau pembelanjaan masyarakat selama satu tahun. Hasil penghitungannya disebut Pembelanjaan Nasional (National Spending). Pembelanjaan Nasional adalah total pembelanjaan masyarakat suatu negara selama satu tahun.
Pengertian masyarakat disini menunjuk pada para pelaku ekonomi. Para pelaku ekonomi terdiri dari:
1. Pengeluaran para konsumen disebut konsumsi (C = Consumption)
2. Pengeluaran para produsen disebut investasi (I = Investment)
3. Pengeluaran pemerintah disebut pembelanjaan pemerintah (G = Governtmen Expenditure)
4. Pengeluaran masyarakat luar negeri disebut ekspor netto (Xn = Net Export), selisih antara ekspor (X = Export dan impor (M = Import).
Jadi pembelanjaan nasional terdiri dari

Hasil perhitungan dengan menggunakan metode ini dinamakan dengan
produk nasional bruto atau PNB (gross national product).
Rumusnya adalah
PDB = C + G + I + ( X - M ) atau
Produk Domestik Bruto =
pengeluaran rumah tangga + pengeluaran pemerintah + pengeluaran investasi + ( ekspor - impor )




BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Produksi Nasional atau Pendapatan Nasional adalah nilai yang menggambarkan dari kegiatan (aktivitas) ekonomi secara nasional pada periode tertentu. Produksi Nasional jika dilihat dari perpurtaran Ekonomi :
-          Secara tertutup dan sederhana :
Pelaku ekonomi, sektor rumah tangga dan perusahaan
-          Secara terbuka :
Pelaku ekonomi terdiri dari sektor rumah tangga, perusahaan, pemerintahaan dan luar negeri

Produksi Nasional dapat diperoleh dengan menjumlahkan nilai pasar dari seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai sektor di dalam perekonomian dalam periode tertentu.
Pendapatan nasional adalah merupakan jumlah seluruh pendapatan yang diterima oleh masyarakat dalam suatu negara selama satu tahun. Salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu negara dalam suatu periode tertentu adalah data Produk Domestik Bruto (PDB), baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan. PDB pada dasarnya merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi.



Keyword :
pendapatan nasional pendapatan nasional adalah pendapatan nasional keseimbangan pendapatan nasional indonesia pendapatan nasional bruto pendapatan nasional indonesia 2016 pendapatan nasional neto pendapatan nasional pendekatan pengeluaran pendapatan nasional pdf pendapatan nasional dan pertumbuhan ekonomi pendapatan nasional neto adalah pendapatan nasional apbn dan apbd pendapatan nasional atas dasar harga pasar pendapatan nasional asean pendapatan nasional amerika serikat pendapatan nasional arti pendapatan nasional artikel pendapatan nasional keseimbangan adalah pendapatan nasional negara asean 2015 pendapatan nasional bps pendapatan nasional bruto per kapita adalah pendapatan nasional bersih (nni) diperoleh dari pendapatan nasional break even pendapatan nasional bukan pajak pendapatan nasional berdasarkan 3 pendekatan pendapatan nasional berdasarkan pendekatan pengeluaran pendapatan nasional berdasarkan metode pengeluaran pendapatan nasional bruto dan netto pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran pendapatan nasional dalam islam pendapatan nasional dan inflasi pendapatan nasional dan pendapatan perkapita pendapatan nasional dalam ekonomi makro pendapatan nasional di indonesia pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan nasional disposible pendapatan nasional dalam berbagai aspek pendapatan nasional ekuilibrium pendapatan nasional ekonomi pendapatan nasional ekuilibrium adalah pendapatan nasional ekonomi makro pendapatan nasional ekonomi sma pendapatan nasional empat sektor pendapatan nasional ekonomi x pendapatan nasional ekonomi kelas x semester 2 pendapatan nasional ekuilibrium 2 sektor pendapatan nasional ekonomi tertutup pendapatan nasional full employment pendapatan nasional fungsi konsumsi pendapatan nasional full employment adalah pendapatan nasional filipina pendapatan nasional filetype ppt pendapatan nasional keseimbangan full employment definisi pendapatan nasional full employment pendapatan nasional menurut irving fisher menghitung pendapatan nasional dengan fungsi konsumsi pendapatan film nasional pendapatan nasional gdp pendapatan nasional gnp dan gdp pendapatan nasional gross domestic product pendapatan nasional (gdp & gnp) perhitungan pendapatan nasional gnp grafik pendapatan nasional 5 tahun terakhir grafik pendapatan nasional perkapita tahun 2014 grafik pendapatan nasional indonesia 2013 konsep pendapatan nasional gdp rumus pendapatan nasional gnp pendapatan nasional harga berlaku pendapatan nasional harga konstan pendapatan nasional hongkong pendapatan nasional harga konstan adalah pendapatan nasional harga berlaku adalah pendapatan nasional hitung pendapatan nasional harga konstanta pendapatan nasional harus dihitung kenapa pendapatan nasional harus dihitung contoh perhitungan pendapatan nasional harga berlaku pendapatan nasional indonesia 2015 pendapatan nasional indonesia 2017 pendapatan nasional indonesia 5 tahun terakhir pendapatan nasional indonesia tahun 2016 pendapatan nasional indonesia tahun 2015 pendapatan nasional indonesia tahun 2014 pendapatan nasional indonesia 2013 pendapatan nasional indonesia tahun 2010 sampai 2013 pendapatan nasional jepang pendapatan nasional jepang 2014 pendapatan nasional jangka pendek pendapatan nasional jawa timur pendapatan nasional jakarta pendapatan nasional jerman pendapatan nasional jurnal pendapatan nasional jepang tahun 2014 pendapatan nasional dan jumlah penduduk indonesia pendapatan nasional provinsi jambi pendapatan nasional keseimbangan 3 sektor pendapatan nasional kelas 11 pendapatan nasional kelas x semester 2 pendapatan nasional keseimbangan 4 sektor pendapatan nasional keseimbangan 2 sektor pendapatan nasional keseimbangan dalam perekonomian terbuka pendapatan nasional kotor pendapatan nasional lengkap pendapatan nasional lima tahun terakhir pendapatan nasional laos pendapatan nasional indonesia lima tahun terakhir pendapatan nasional negara timor leste pendapatan nasional indonesia dengan negara lain laporan pendapatan nasional indonesia 2011 data pendapatan nasional selama lima tahun artikel pendapatan nasional lengkap materi pendapatan nasional lengkap pendapatan nasional metode pengeluaran pendapatan nasional metode produksi pendapatan nasional materi ekonomi pendapatan nasional metode pendapatan pendapatan nasional menurut para ahli pendapatan nasional menurut ahli pendapatan nasional menurut harga konstan pendapatan nasional menurut harga konstan (riil) pendapatan nasional makro pendapatan nasional menurut harga faktor pendapatan nasional nominal dan riil pendapatan nasional negara asean pendapatan nasional negara asean tahun 2014 pendapatan nasional negara asean tahun 2013 pendapatan nasional negara indonesia pendapatan nasional negara asean tahun 2012 pendapatan nasional negara negara di dunia pendapatan nasional kota oslo pendapatan nasional metode output definisi pendapatan output nasional besar pendapatan nasional dipengaruhi oleh pendapatan nasional indonesia national income of indonesia pendapatan nasional dipengaruhi oleh pendapatan nasional sebagai output permintaan agregat pendapatan nasional pada masa orde lama besarnya pendapatan nasional dipengaruhi oleh oengertian pendapatan nasional pendapatan nasional ppt pendapatan nasional perkapita pendapatan nasional potensial pendapatan nasional pendekatan produksi pendapatan nasional pertumbuhan dan struktur ekonomi pendapatan nasional pendekatan penerimaan pendapatan nasional pada keseimbangan pendapatan nasional pada tingkat full employment pendapatan nasional qatar pendapatan nasional negara qatar pendapatan nasional rumus pendapatan nasional riil adalah pendapatan nasional riil dan nominal pendapatan nasional rusia pendapatan nasional rangkuman pendapatan nasional riil dihitung pendapatan nasional rendah pendapatan nasional riil tahun 2010 pendapatan nasional republik indonesia pendapatan nasional ri pendapatan nasional suatu negara diperoleh dengan cara pendapatan nasional sma kelas x ppt pendapatan nasional serta apbn dan apbd pendapatan nasional suatu negara pendapatan nasional singapura pendapatan nasional selama 5 tahun pendapatan nasional suatu negara dihitung dari pendapatan nasional sebenarnya pendapatan nasional slideshare pendapatan nasional suatu negara dihitung berdasarkan pendapatan nasional tahun 2016 pendapatan nasional tahun 2015 pendapatan nasional tahun 2005 pendapatan nasional tahun 2014 pendapatan nasional tahun 2013 pendapatan nasional tahun 2010 pendapatan nasional tahun 2008 pendapatan nasional tahun 2012 pendapatan nasional tahun 2011 pendapatan nasional tiga sektor pendapatan nasional umkm pendapatan nasional digunakan untuk apa unsur pendapatan nasional neto analisis pendapatan nasional untuk perekonomian terbuka analisis pendapatan nasional untuk perekonomian tertutup sederhana pendapatan nasional berupa uang manfaat pendapatan nasional untuk suatu negara pendapatan nasional korea utara pendapatan nasional berguna untuk analisis pendapatan nasional untuk perekonomian tertutup pendapatan nasional vietnam pendapatan nasional video pendapatan nasional negara vietnam variabel pendapatan nasional variabel-variabel pendapatan nasional pendapatan nasional konvensional vs islam pendapatan nasional wikipedia pendapatan nasional world bank pendapatan nasional menurut world bank teori pendapatan nasional wikipedia pengertian pendapatan nasional wikipedia pendapatan nasional dihitung dalam jangka waktu www.pendapatan nasional pendapatan nasional sma xi pendapatan nasional pelajaran kelas x materi pendapatan nasional kelas x semester 2 materi pendapatan nasional kelas x.ppt materi pendapatan nasional kelas xi pdf rumus pendapatan nasional kelas x pendapatan nasional kelas xi pendapatan nasional kelas x ppt pendapatan nasional yaitu pendapatan nasional yang diterima pemilik tanah pendapatan nasional yang siap dibelanjakan pendapatan nasional yunani pendapatan nasional youtube pendapatan nasional (y) pengertian pendapatan nasional yang benar adalah pendekatan pendapatan nasional yang digunakan indonesia pendapatan nasional zimbabwe pendapatan nasional zenius pendapatan nasional negara zimbabwe pendapatan nasional 10 tahun terakhir pendapatan nasional 1 sektor keseimbangan pendapatan nasional 1 sektor data pendapatan nasional tahun 1990 data pendapatan nasional 10 tahun terakhir pendapatan nasional indonesia 10 tahun terakhir pendapatan nasional tahun 1998 pendapatan nasional tahun 1997 pendapatan nasional kelas 11 ppt pendapatan nasional 2016 pendapatan nasional 2 sektor pendapatan nasional 2017 pendapatan nasional 2005 pendapatan nasional 2012 dan 2013 pendapatan nasional 2014 pendapatan nasional 2015 pendapatan nasional 2013 pendapatan nasional 2012 pendapatan nasional 2010 pendapatan nasional 3 sektor pendapatan nasional 3 tahun terakhir pendapatan nasional 3 pendekatan pendapatan nasional 3 metode persamaan pendapatan nasional 3 sektor pendapatan nasional menurut 3 pendekatan teori determinasi pendapatan nasional 3 sektor contoh menghitung pendapatan nasional 3 sektor perhitungan pendapatan nasional ada 3 pendekatan pendapatan nasional 4 sektor teori determinasi pendapatan nasional 4 sektor analisis pendapatan nasional 4 sektor rumus pendapatan nasional 4 sektor soal pendapatan nasional 4 sektor menghitung pendapatan nasional 4 sektor makalah pendapatan nasional 4 sektor perhitungan pendapatan nasional 4 sektor pendapatan nasional perekonomian 4 sektor grafik pendapatan nasional 4 sektor pendapatan nasional 5 tahun terakhir pendapatan nasional 5 tahun terakhir di indonesia pendapatan nasional 5 tahun kebelakang tabel pendapatan nasional 5 tahun terakhir pendapatan nasional indonesia selama 5 tahun data pendapatan nasional 5 tahun terakhir pendapatan nasional indonesia 5 tahun kebelakang pendapatan nasional dibagi menjadi 5 tipe pendapatan nasional 9 sektor tabel pendapatan nasional 9 sektor tabel pendapatan nasional 9 sektor 2014 pendapatan nasional berdasarkan 9 sektor makalah pendapatan nasional makalah pendapatan nasional pdf makalah pendapatan nasional doc makalah pendapatan nasional keseimbangan makalah pendapatan nasional indonesia makalah pendapatan nasional ekonomi makro makalah pendapatan nasional dan pertumbuhan ekonomi makalah pendapatan nasional indonesia tahun 2009 makalah pendapatan nasional dan perhitungannya makalah pendapatan nasional 2015 pengertian pendapatan nasional para ahli pengertian pendapatan nasional adalah pengertian pendapatan nasional atas dasar harga pasar pengertian pendapatan nasional aktual pengertian pendapatan nasional atas biaya faktor pengertian pendapatan nasional atas harga pasar makalah pendapatan nasional negara asean pengertian pendapatan nasional menurut alfred marshall pengertian pendapatan nasional menurut ahli pengertian pendapatan nasional menurut adam smith makalah pendapatan nasional bruto pengertian pendapatan nasional bruto pengertian pendapatan nasional bersih pengertian pendapatan nasional berdasarkan pendekatan produksi pengertian pendapatan nasional bruto dan netto pengertian pendapatan nasional brainly pengertian pendapatan nasional berdasarkan 3 pendekatan pengertian pendapatan nasional bruto (pnb) pengertian pendapatan nasional berdasarkan pendekatannya pengertian pendapatan nasional beserta contohnya contoh makalah pendapatan nasional pertumbuhan dan struktur ekonomi contoh makalah pendapatan nasional ekonomi makro contoh makalah penghitungan pendapatan nasional pengertian pendapatan nasional.com pengertian pendapatan nasional dan contohnya pengertian pendapatan nasional dan cara menghitungnya pengertian pendapatan nasional menurut cara pengeluaran pengertian pendapatan nasional dan contoh contoh makalah pendapatan nasional indonesia makalah pendapatan nasional di indonesia makalah pendapatan nasional dalam perspektif ekonomi islam makalah pendapatan nasional dan pertumbuhan ekonomi indonesia makalah pendapatan nasional dan keseimbangan eksternal makalah pendapatan nasional dan inflasi makalah pendapatan nasional dalam perspektif islam makalah pendapatan nasional dalam pendekatan ekonomi islam pengertian pendapatan nasional full employment pengertian pendapatan nasional harga faktor pengertian pendapatan nasional keseimbangan full employment pengertian pendapatan nasional gnp dan gdp pengertian pendapatan nasional gnp pengertian pendapatan nasional gdp pengertian pendapatan nasional gdp gnp ni pengertian pendapatan nasional harga konstan pengertian pendapatan nasional harga berlaku pengertian pendapatan nasional harga tetap pengertian pendapatan nasional harga pasar pengertian pendapatan nasional harga konstan (harga riil) pengertian pendapatan nasional harga pasar dan harga faktor pengertian pendapatan nasional menurut harga konstan (riil) pengertian pendapatan nasional menurut harga konstan makalah pendapatan nasional indonesia tahun 2013 makalah pendapatan nasional dan investasi pengertian pendapatan nasional menurut irving fisher makalah perekonomian indonesia tentang pendapatan nasional pengertian pendapatan nasional indonesia pengertian pendapatan nasional income makalah jurnal pendapatan nasional makalah pendapatan nasional kelas x makalah pengaruh pendapatan nasional terhadap kemajuan suatu negara pengertian pendapatan nasional keseimbangan pengertian pendapatan nasional kasar pengertian pendapatan nasional kotor makalah pendapatan nasional dan keseluruhan kegiatan makalah pendapatan nasional lengkap pengertian pendapatan nasional lengkap pengertian pendapatan nasional di lihat dari pendekatan produksi pengertian pendapatan nasional secara luas latar belakang makalah pendapatan nasional makalah lengkap tentang pendapatan nasional contoh latar belakang makalah pendapatan nasional makalah pendapatan nasional makro pengertian pendapatan nasional menurut 3 ahli pengertian pendapatan nasional menurut pendekatannya pengertian pendapatan nasional ekonomi makro makalah perhitungan pendapatan nasional ekonomi makro pengertian pendapatan nasional menurut para ahli pengertian pendapatan nasional menurut pendekatan penghitungannya pengertian pendapatan nasional menurut pendekatan produksi makalah pendapatan nasional negara singapura makalah pendapatan nasional netto makalah perbandingan pendapatan nasional suatu negara pengertian pendapatan nasional neto pengertian pendapatan nasional nominal pengertian pendapatan nasional (national income) makalah pendapatan nasional dan neraca pembayaran jelaskan pengertian pendapatan nasional neto makalah pengukuran output dan pendapatan nasional makalah pendapatan nasional pertumbuhan dan struktur ekonomi makalah pendapatan nasional pertumbuhan dan struktur ekonomi indonesia makalah pendapatan nasional pertumbuhan ekonomi makalah pendapatan nasional perkapita pengertian pendapatan nasional (pn) pengertian pendapatan nasional riil pengertian pendapatan nasional dan rumusnya makalah pendapatan nasional serta konsumsi makalah pendapatan nasional sektor pertanian makalah pendapatan nasional sma pengertian pendapatan nasional dua sektor pengertian pendapatan nasional secara umum pengertian pendapatan nasional sebenarnya pengertian pendapatan nasional secara singkat makalah tentang pendapatan nasional di indonesia makalah pengaruh pendapatan nasional terhadap tingkat kemakmuran masyarakat makalah pengaruh pendapatan nasional terhadap kesejahteraan masyarakat pengertian pendapatan nasional dengan tiga pendekatan makalah pendapatan nasional dalam perekonomian terbuka makalah analisis pendapatan nasional untuk perekonomian terbuka pengertian pendapatan nasional berupa uang saran untuk makalah pendapatan nasional pengertian pendapatan nasional wikipedia pengertian pendapatan nasional yang benar adalah pengertian pendapatan nasional yang benar pengertian pendapatan nasional (y) pengertian pendapatan nasional yg benar makalah pendapatan nasional 2 sektor makalah pendapatan nasional 2014 pengertian pendapatan nasional 2 sektor makalah analisis pendapatan nasional 2 sektor pengertian keseimbangan pendapatan nasional 2 sektor makalah keseimbangan pendapatan nasional dalam perekonomian 2 sektor pengertian analisis pendapatan nasional 2 sektor makalah pendapatan nasional 3 sektor pengertian pendapatan nasional 3 sektor pengertian pendapatan nasional dengan 3 pendekatan pengertian pendapatan nasional menurut 3 pendekatan pengertian pendapatan nasional melalui 3 pendekatan pengertian pendapatan nasional dari 3 sudut pandang pengertian pendapatan nasional dari 3 pendekatan makalah keseimbangan pendapatan nasional dalam perekonomian 3 sektor makalah pendapatan nasional 4 sektor pengertian pendapatan nasional 4 sektor makalah analisis pendapatan nasional 4 sektor pengertian keseimbangan pendapatan nasional 4 sektor Jika anda mencari informasi kesehatan, jangan lupa juga untuk Mengenali Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi) dan anda juga perlu mengetahui tentang Info Seputar Penyakit Wasir (ambeien). dan jika anda berkunjung, maka anda bisa mendapat Cara Aman Menghilangkan Sinusitis Secara Cepat dan anda akan mendapat informasi tentang Obat Hernia - Obat Tradisional Resep Dokter Terimakasih Cara Mengatasi Mata Belekan Berair nice and good Penyakit mata Belekan dan cara mengobatinya Nice Best Membalikan kedua Telapak tangan Nice and best Manfaat Besar Menikah Muda share Shalat Qadha dan Kewajibannya Terima Kasih atas informasinya