Wednesday, June 27, 2018

Cerpen : Nestapa (Pejuang Perempuan)

Tags

Cerpen : Nestapa (Pejuang Perempuan)

Nestapa (Pejuang Perempuan)

Oleh : Anton Abdul Basir

Kuhela nafasku dalam-dalam, mengamati seorang wanita menjajakan diri dalam manisnya debu jalanan. Di sela nestapa ia tutupi kalut dengan kosmetik memancarkan cahaya, asal anaknya memiliki pendidikan dan bahagia.

Mataku mulai terkatup menghentikan tangisan. Dikala teringat wanita yang bertengkar dengan suaminya bulan lalu yang mengakhiri pernikahan asal anak digendongan. Aku tak bisa salahkan dia untuk mengakhiri rumah tangga yang ia bangun lima tahun dengan suaminya. Sudah selama itu pula dia bernafas dengan siksaan. Batin dan fisik menjadi korban.

***

Kuhela nafasku dalam-dalam, mengamati seorang wanita menjajakan manisnya debu jalanan. Di sela nestapa ia tutupi kalut dengan kosmetik memancarkan cahaya, asal anaknya memiliki pendidikan dan bahagia.

Wanita itu kini mulai angkat cerita, sejarahnya dibingkai tangisan. Anak yang masih digendongan harus tetap hidup tanpa nafkah sang Ayah, ada baiknya, dia tidak akan mendapat pendidikan bejat dari Ayahnya. Apalagi untuk mewarisi. Sepercik keringat Ayahnya tak perlu dibagi-bagi.

Kala itu harapnya ingin bahagia, selepas suami yang sudah tiada di rumah. Tiada sesuatu yang ditinggal suaminya, kecuali hutang pada rentenir yang menumpuk bunga. Kamis pagi itu menjadi saksi warisan dan kenangan, Depkolektor datang untuk menagih hutang dengan bunga yang berlipat. Wanita itu tidak memiliki apa pun dirumah yang ia tempati. Hingga semua barang diangkut, dilepaskan untuk penutup bunganya saja. Menangislah wanita itu sejadi-jadinya, didepan anak digendongan. Pesan Depkolektor tak satu kalimat pun terabaikan, diingatnya satu satu, jika tidak melunasi maka rumah dan anak menjadi jaminan.

Dia mulai menutup diri, memutar otak untuk memperbaiki ekonomi. Maka dia teringat dengan sahabat mantan suaminya, yang seminggu lalu menawari pekerjaan yang sempat ia tolak, ia ditawari agar bisa kaya raya hanya dengan menjajaki diri untuk lelaki yang membutuhkan dekapan hangat wanita. Walau dahulu sempat ia tak suka, tapi sekarang ia menyanggupi untuk masa depan anaknya.

***

Kuhela nafasku dalam-dalam, mengamati seorang wanita menjajakan diri dalam manisnya debu jalanan. Di sela nestapa ia tutupi kalut dengan kosmetik memancarkan cahaya, asal anaknya memiliki pendidikan dan bahagia.

Aku terkidung dalam tangisan, ku ratapi nasib anaknya dalam diam. Karena dunia Ayah dan Ibunya sudah berbeda, semoga Tuhan hilangkan ia dalam nestapa.

Cerpen : Nestapa (Pejuang Perempuan)


Keyword :
(CERPEN) Semoga Pagi Kita Tetap Sama : Untuk Kalian, Teman, serpentarium serpentine belt serpentine cerpen serpent serpentarium sc cerpen melayu serpentarium edisto island serpent mound serpentine stone cerpen singkat cerpen cinta cerpen persahabatan cerpen kahwin paksa cerpen lucu cerpen online cerpen bahasa indonesia cerpen malam pertama cerpen pendek cerpen romantis cerpen adalah cerpen anak cerpen alzai sanara cerpen anak sd cerpen alzai sanara 2017 cerpen asma nadia cerpen anjellayan cerpen aku benci kau cerpen aku takkan ceraikan kau cerpen aku nak tubuh kau cerpen buktikan kau masih suci cerpen best cerpen bahasa inggris cerpen bahasa jawa cerpen bukan istri simpanan cerpen beserta unsur intrinsik cerpen banjir di mata emak cerpen blog cerpen beserta strukturnya cerpen cinta dalam diam cerpen cinta malaysia cerpen cinta segitiga cerpen cikgu itu suami aku cerpen cinta romantik kahwin paksa cerpen cinta encik duda cerpen cinta selepas kahwin paksa cerpen crush sekolah menengah cerpen cinta romantis cerpen dekatkan jarak kita cerpen doktor vs pilot cerpen dipaksa mengandung cerpen duda garang cerpen dendam suami terhadap istri cerpen dalam bahasa inggris cerpen dan strukturnya cerpen dendam cinta cerpen dan unsur intrinsiknya cerpen dendam cerpen eksperimental cerpen english cerpen eka kurniawan cerpen ekonomi cerpen ego cerpen eksperimental adalah cerpen exo cerpen encik no feeling cerpen encik abang segak cerpen encik cerpen fantasi cerpen fabel cerpen first kiss hot cerpen femina cerpen fantasi pendek cerpen filosofi kopi cerpen forever love cerpen fabel singkat cerpen first kiss cerpen form 4 cerpen gerhana manusia cerpen gaduh gaduh sayang cerpen goda wattpad cerpen gus mus cerpen gangster cerpen guru cerpen gokil cerpen galau cerpen gatal cerpen gadis keropok lekor cerpen hipertensi cerpen hak milik tuan rayyan cerpen horor cerpen hadiah cerpen humor cerpen hewan cerpen honeymoon cerpen hani fazuha cerpen hujan cerpen helvy tiana rosa cerpen islami cerpen istri bukan pilihan cerpen istri yang, cerpen persahabatan, cerpen pendek, contoh cerpen terbaik, cerpen pendidikan, cerpen cinta, cerpen bahasa indonesia, cerpen panjang, contoh cerpen cinta, cerpen persahabatan smp, cerpen persahabatan sejati, cerpen persahabatan sedih, cerpen persahabatan singkat dan menarik, cerpen persahabatan dan cinta, cerpen persahabatan singkat dan unsur intrinsiknya, cerpen persahabatan lucu, cerpen tentang persahabatan di sekolah, cerpen cinta romantis, kumpulan cerpen cinta sedih, cerpen cinta segitiga, cerpen cinta pertama, cerpen cinta sejati, cerpen cinta singkat, cerpen cinta dan persahabatan, cerpen cinta dalam hati