Wednesday, August 9, 2017

Tutug Oncom - Makanan Khas dari Tasikmalaya

Tags

Tutug Oncom - Makanan Khas dari Tasikmalaya

Tutug Oncom - Makanan Khas dari Tasikmalaya

Siapa yang tidak kenal Tasikmalaya.? Hanya segelintir orang yang belum mengenalinya.

Kota Tasikmalaya terkenal dengan banyak julukan, sebut saja Kota Santri, Kota Resik, dan tentunya harus diperhitungkan juga dengan julukan Tasik sebagai Kota Kuliner.

Selain tempat wisatanya yang indah, Kota Tasikmalaya juga memiliki warisan kuliner yang terjaga, dan tentunya sangat membanggakan.  Hal ini dikarenakan makanan kuliner tersebut bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Selain dari pada rasanya yang nikmat, namun harganya pun tentu sangatlah murah.

Makanan yang paling terkenal sebagai ciri khas kuliner di Tasikmalaya adalah Tutug Oncom atau yang kita kenal dengan nama Nasi TO. Selain dari Tutug Oncom, ada juga makanan khas Tasikmalaya yang banyak dicari wisatawan dari luar kota yang lainnya, salah satunya adalah Baso Laksana. Namun, kali ini saya hanya akan membahas tentang Nasi TO (Tutug Oncom) sebagai ciri khas yang paling terkenal di Kota ini.

Dalam penyajian dan hidangan Nasi TO, pasti akan terasa kurang jika tidak dihidangakan dengan lalapan khas sunda dan tentunya sambal cabe (cengek) atau yang sering dikenal dengan sambal goang yang tentunya berbeda dengan sambal lainnya. Nasi TO pun bisa dihidangkan dengan beberapa jenis gorengan, seperti bala-bala (bakwan), gehu, telor ceplok, kerupuk dan makanan lainnya.

Yang paling membuat saya terkesan dari Tutug Oncom ini adalah dalam rasa sambal goang yang sangat nikmat. Sambal goang tersebut dibuat dari cabai hijau yang ditumbuk dengan garam, lalu diberi minyak panas. Soal Rasa.? Eum, Mantap Djiwa.

Untuk anda yang ingin membuat Nasi Tutug Oncom (TO) dirumah, saya akan berikan resep untuk membuat Nasi TO tersebut. Selain mnembuat Nasi TO untuk menjadi olahan rumahan, Nasi TO juga cocok untuk dijadikan Inspirasi untuk membuka usaha kuliner.
Berikut adalah Resep Sederhana Nasi Tutug Oncom makanan khas dari Tasikmalaya :
Bahan:
  • Nasi
  • Oncom
  • Garam secukupnya
  • Bawang merah (4 butir)
  • bawang putih (3 siung)
  • kencur
  • Penyedap rasa (tergantung selera)

Cara membuat Nasi TO :

  • tumbuk bawang merah, bawang putih dan kencur hingga halus. Masukan oncom dan tumbuk hingga rata
  • panaskan wajan yang tidak diberi minyak. Lalu masukan oncom dan sangrai hingga oncom matan dan kering. Masukan garam dan penyedap rasa.
  • Sajikan Tutug Oncom dan campur bersama nasi hangat. Boleh di campur dalam wajan namun saat oncom sudah kering.
  • Hidangkan dengan lalapan, ikan asin, dan jangan lupa dengan sambal goang. boleh juga ditambah goreng bawang di atas nasi T.O.

Sangat mudah bukan.? Tentu mudah sekali.

Demikian sekilas tentang Nasi TO atau Tutug Oncom - Makanan Khas dari TasikmalayaJika anda ingin mengetahui dan mempelajarinya secara langsung, silahkan anda datang ke Tasikmalaya.


Terima Kasih.

Keyword :