Thursday, August 10, 2017

Definisi dan Pengertian Ibadah Menurut Ulama Tasawuf

Definisi dan Pengertian Ibadah Menurut UlamaTasawuf


Dalam mendefinisikan perngertian Ibadah, Ulama Tasawuf mengatakan bahwa Ibadah adalah mengerjakan hal yang berlawanan dengan nafsunya dalam rangka mendekatkan diri dan membesarkan Allah. Dalam mengartikan Ibadah inilah, Ulama Tasawuf mendefinisikan ibadah sebagai sesuatu yang dilakukan oleh seorang mukallaf (orang yang sudah menanggung kewajiban ibadah) dalam menjalani hubungannya dengan ubudiyah. Dalam definisi ini, Ulama Tasawuf mengartikan bahwa Ibadah berarti menjalankan atas segala perintah Allah swt dan meninggalkan segala yang menjadi sebuah larangan yang dilarang oleh Allah swt.

Ulama Tasawwuf pun mendefinisikan arti Ibadah sebagai perbuatan ridho dan ikhlas terhadap atas apa yang telah diberikan oleh Allah swt kepada kita dan bersabar terhadap atas apa yang diberikan oleh Allah dan juga segala yang hilang atau yang belum dimiliki. 

Para Ulama Tasawuf membagikan pengertian Ibadah kedalam tiga hal, diantaranya :

Pertama, beirbadah hanya kepada Allah karena mengharap ridho dan pahala serta memiliki rasa takut atas ancaman dan segala siksaan yang akan diberikan Allah kepada manusia. Hal ini memiliki arti bahwa mengharapkan pahala dan surga serta takut akan perbuatan dosa karena takut dengan siksaan api neraka adalah bagian dari Ibadah. Maka definisinya adalah menjalankan perintah Allah juga menjauhi apa yang telah dilarang oleh Allah S.W.T..

Kedua, beribadah yang hanya dilakukan kepada Allah karena memilki anggapan bahwa Ibadah adalah perbuatan yang mulia, jika dilakukan mendapatkan sebuah kemuliaan dari Allah dan Ibadah dengan kategori ini dilakukan oleh seorang yang memiliki kemuliaan dalam jiwanya.

Ketiga, melakukan Ibadah hanya kepada Allah karena memilki sebuah pandangan bahwa Allah merupakan Tuhan pencipta manusia dan juga segala makhluk yang wajib untuk kita menyembah kepada Allah S.W.T. dan kategori ini tidak memandang kepada imbalan jika kita melakukan ibadah atau tidak sama sekali.

Maka jika disimpulkan, Ulama Tasawuf mendefinisikan bahwa Ibadah itu identik dengan suatu ibadah yang berkaitan dengan Ubudiyah.

Keyword :